Pertimbangan Dalam Membeli Handycam | —¤(rIDa)¤—

Pertimbangan Dalam Membeli Handycam

Stop Dreaming Start ActionImage via Wikipedia Handycam atau camcorder semakin populer belakangan ini. Desain yang semakin kompak, kualitas yang lebih baik, dan harganya yang semakin terjangkau membuat perangkat ini mulai banyak diminati. Berikut ini dibahas tentang hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membeli handycam.

Bandingkan Analog dengan Digital
Selain masalah harga, salah satu hal utama yang perlu kita perhatikan adalah apakah kita akan menggunakan format digital (Digital 8, miniDV), atau format analog (Hi8, VHS, VHS-C, Super VHS-C). Umumnya, kita akan memperoleh hasil yang lebih baik dengan format digital yang lebih baru. Format 8mm, VHS, dan VHS-C memiliki resolusi video yang rendah. Format Hi8 dan SVHS-C mulai memperbaiki resolusi image dan kualitas suara, tetapi masih kalah dengan format digital. Sedangkan format digital video (DV, Digital 8, atau Mini DV) telah mampu menyediakan tingkat tertinggi dalam hal kualitas video dan audio. Selain kualitas yang lebih baik, format digital juga memudahkan kita melakukan penyuntingan video melalui PC. Namun memilih format digital berarti kita harus rela mengeluarkan uang lebih banyak. Jika kualitas tidak begitu menjadi pertimbangan, dan kita tidak perlu menyunting rekaman video kita, kita bisa memilih kamera analog dan itu berarti menghemat anggaran.

Pertimbangan Anggaran
Handycam digital baru harganya berkisar US$450-US$ 1200. Ada banyak pilihan yang cukup bagus dalam kisaran harga tersebut. Biasanya, semakin mahal harganya, semakin banyak feature yang akan kita peroleh. Tetapi kadang-kadang feature tersebut tidak kita perlukan. Pertimbangkan fasilitas-fasilitas yang benar-benar kita butuhkan untuk menekan anggaran kita. Beberapa faktor utama yang membedakan kamera yang harganya US$ 500 dengan kamera-kamera yang lebih mahal adalah:
- Berfungsi ganda. Beberapa hand-cam memiliki kemampuan untuk menangkap image dalam (foto) atau digital still capability. Artinya, kita tidak perlu menenteng dua kamera dalam perjalanan kita. Namun perlu diketahui, beberapa handycam juga menyimpan still image (foto) dalam kaset yang juga digunakan untuk menyimpan rekaman video sehingga kita memerlukan program khusus untuk menangkap image tersebut.
Beberapa handycam baru telah menyediakan media penyimpanan tambahan atau slot untuk kartu memori, seperti Memor yStick atau Compact Flash sehingga kita lebih mudah dalam menyimpan foto tersebut. Perlu diingat, kebanyakan handycam hanya memiliki resolusi 640x480 sehingga foto yang kita tangkap tersebut mungkin kurang begitu bagus ketika kita cetak, tetapi sangat mencukupi untuk e-mail atau kebutuhan posting di Web.
- Kualitas Lensa. Lensa ibarat mata dari kamera kita, yang memindahkan image ke dalam bit-bit digital. Semakin besar rupiah yang kita bayarkan, kualitas lensa biasanya semakin baik.
- Optical Stabilization. Banyak hand-cam telah memasukan feature menarik yang disebut image stabilization untuk membantu mengkoreksi getaran kamera. Merekam obyek sambil jalan, atau merekam obyek yang bergerak cepat dapat menciptakan image yang bergetar yang membuat penonton pusing. Kamera high-end biasanya menyertakan optical stabilization. Beberapa kamera yang lebih murah juga menyertakan sistem digital stabilization, tetapi kualitasnya tidak sebagus optical stabilization.
- Zoom. Kebanyakan handycam memiliki kemampuan zoom optis 10X - 20X dan zoom digital 10X - 20X juga, sehingga total bisa menghasilkan zoom 300X - 400X. kita sendiri mungkin tidak akan banyak menggunakan zoom digital, karena feature ini kadang-kadang menimbulkan efek negatif yang cukup banyak pada kualitas gambar. Untuk itu kita perlu lebih memperhatikan zoom optis.
- Lampu. Sebagian besar handycam mampu menangani tugasnya dengan baik dalam merekam gambar meskipun dalam kondisi cahaya yang redup (misalnya di dalam ruangan atau dalam cuaca mendung). Suatu saat, mungkin kita perlu mengambil gambar di ruangan yang tidak ada cahaya atau terlalu gelap. Untuk menciptakan image yang bagus kita tentu membutuhkan lampu tambahan. Sebagian besar handycam menyertakan lampu internal yang kadang-kadang bisa disetel agar menyala secara otomatis pada kondisi kurang cahaya. Beberapa handycam juga menyertakan port untuk lampu eksternal.

Sumber: Kuliah OnLine


Stop Dreaming Start Action

Tulisan Terbaru:
Dikirim pada Hari Kamis, 28 Agustus 2008 telah dibaca oleh Pengunjung pada label Sinematografi untuk masuk kekotak komentar, silahkan klik disini..!! jadi pe Langganan: Poskan Komentar (Atom) .
Buat temen temen yang menggeluti dunia pertelevisian dan sinematografi yang kebetulan nyasar ke blog ini dan mau berbagi ilmu dan Kesempatan kerjanya pengalamannya, Anda bisa mengirimkannya ke Form Email ini! dan kami dengan senang hati akan memuatnya di blog lnl. Thank's..!!

Lirik Lagu Doel Sumbang | Sinematografi | Kontes SEO | rida 10 komentar Di Pertimbangan Dalam Membeli Handycam

Sampaikanlah walau satu KATA..!! PERSIB

Blog ini menggunakan Thread Comment.
Ingin membalas komentar teman anda? — klik "[Reply / Balas]" kemudian tulis Balasan anda setelah kode yang terdapat pada kotak Reply!